Thursday, April 11, 2013

Bu Haji Menulis: KB??

Abang Dani, seorang mentor di Rumah Tahfizh sedang sibuk banget . Ada kegiatan Mahasiswa Akuntansi di kampusnya dan dia ditunjuk sebagai sekertaris panitianya , dan dia dalam seminggu ini  pulangnya di atas jam 10 malem terus. 

Pastilah aktivitas di Rumah Tahfizh agak terganggu dengan “hilangnya” satu mentor , untuk menyimak hafalan anak” . Tambah  lagi kami mendapat  tambahan  rezeki  dari Allah SWT , seorang  bocah kecil yatim ber umur  2  ½  tahun , bernama Gilang .

Gilang sangat dekat dengan si abang , dan mulai dari urusan makan, BAB, cari tissue untuk pileknya sampai urusan pampers. Seru juga urusan si adik kecil ini, dan terkadang si abang cukup kreatif, kalau urusan mandi diserahkan pada abang junior, Aldi. Urusan makan sama Imam, abang lain yang cukup baik hati.

Nah, urusan BAB..si adik harus pake teriak dulu, “Baang..baang...tebokk bang!” dia belum bisa nyebut huruf c..diganti dengan t...hahaha. Si abang akan lari-lari menghampiri, “Sebentar dek..”

Tapi suatu kali, mungkin lagi bete, adik junior lain yang disuruh, “Urusin dong, adiknya..” Agak sengit nadanya...atau “hayyo, hom pim pa...yang kalah harus..tebokk in” maka dengan enggan mereka hom pim pa...
Semua berharap menang...Sementara, di toilet adiknya teriak.. “Abang..abang...tepetan, tepetan bang...”

Pernah,  suatu malam Gilang belum mau tidur menunggu si abang pulang, repot kami dibuatnya.  Akhirnya saya berkomentar ke si abang  ‘’Kalau bisa pulangnya jangan terlalu malam bang,’’ tutur saya di pagi hari ketika sedang di dapur.

Komentar saya membuat si abang berfikir keras bagaimana supaya kegiatannya di kampus tetap bisa  jalan , tetapi dia bisa pulang tidak kemalaman , mungkin dia kasihan melihat saya kewalahan mengurus santri kecil kami, adik Gilang.   Memang suatu hari dia pulang  lebih awal dan saya ketika  itu yang membuka pintunya , malah  terheran – heran... .

“Kok  tumben Bang,  pulangnya cepat?”  tutur saya.
“Memangnya panitia gak rapat hari ini...?’’ tanya saya     
“Rapat sih, tapi bahan-bahannya sudah abang bikin, dan bisa ditinggal..’’
“Pasti temenmu pada protes bang,..’’ mana mungkin dengan ikhlas dan sukarela. Saya kan juga pernah ber panita ria seperti mereka, batin saya.

“Iya Buk..hampir semua komplain. Hehehe. Pamit salah, gak pamit lebih parah lagi pastilah.... cerewet semua buk..”
Tapi si abang sambil senyum – senyum, saya pun menjadi penasaran..

“Abang bilang apa . . . ???  Saya meneruskan bertanya . .
“He..hee.. Abang jelasin ,  mau pulang duluan ya.. soalnya di rumah ada  Gilang , anak Bu Haji yang kecil.’’
“Alasan loe ,Dan , semua bilang gitu, Buk.’’
“Dia enggak mau tidur kalau gue belum pulang ...rewel, kasian Bu Haji nya.” kata abang.

“Seriuss? Terus kata teman – teman..... anak kecil... . .umur berapa? Kemarin2 loe gak  bilang ada yang kecil, Cuma loe bilang  anak – anak yang di rumah Bu Haji ada 7 orang. . . kok sekarang ada yang kecil ??

“Iya Gilang masih 2   tahun gitu deh…” lanjut si Abang meneruskan cerita.

“Tapi Buk,  yang mengejutkan adalah komentar  teman – teman yang lain….’Dani, emang Bu Haji itu.. enggak KB ya  ????? Anaknya  banyak bangett!’”

Haha..haha… kami tertawa berdua di depan pintu.


No comments:

Post a Comment