Monday, November 8, 2010

Tadabbur Alam di Taman Safari Indonesia




Hari Jum’at, 5 November lalu, Rumah Tahfizh As Sakinah berkesempatan untuk melaksanakan “Tadabbur Alam” di Taman Safari Indonesia. Tadabbur Alam adalah kegiatan rekreasi sekaligus ibadah untuk melihat ciptaan Allah dan mensyukuri nikmatNya. Lebih dari 20 hafizh dan hafizhah As Sakinah bersama-sama berangkat ke Taman Safari, Cisarua, Bogor untuk melihat satwa, bermain dan juga berdzikir kepada Allah di tengah sejuknya alam pegunungan.
Perjalanan ditempuh dalam waktu 2 jam. Dari Pamulang, rombongan As Sakinah berangkat dengan bus. Sesampainya di sana, kami melihat-lihat satwa dari dekat. Untuk sebagian anak, ini adalah kali pertama mereka ke Taman Safari, sehingga suasana bus begitu ramai dan menyenangkan. “Ayo kasih makan Zebra!,” ujar salah satu dari mereka begitu bus kami memasuki areal safari. Anak-anak yang sebelumnya sudah “dibekali” wortel pun siap siaga

dipinggir jendela masing-masing. Namun ketika kami memasuki kawasan singa dan beruang, mereka pun bergegas menutupnya. “Tutup! Tutup!! Nanti singanya ngejar!” kata Rizqi memperingatkan teman-temannya.
Setelah puas mengagumi satwa-satwa ciptaan Allah, rombongan dibagi menjadi 3 kelompok. Setiap kelompok dibebaskan untuk bermain di wahana rekreasi hingga pukul 11.30. Setelahnya, kami sholat dhuhur dan menyaksikan pertunjukan gajah, lumba-lumba dan koboi. Ketika mengantri pertunjukan koboi, kami bertemu dengan seorang wisatawan asal Arab Saudi. Beliau sangat senang bertemu dengan anak-anak, terlebih lagi ketika mengetahui bahwa kami adalah rombongan rumah tahfizh. Anak-anak pun menjadi lebih bersemangat setelah berbincang-bincang dengan beliau.
Kami pun melanjutkan perjalanan kami ke caravan. Ya, kami menginap 1 malam di dalam caravan Taman Safari Indonesia. Caravannya terletak ditengah hutan dengan air terjun dan suara burung-burung yang terdengar merdu.

Sholat ashar, maghrib dan isya kami laksanakan dengan suasana syahdu. Ibu Haji pun mengingatkan kami untuk senantiasa bersyukur atas nikmatNya hari ini. Hari pun kami tutup dengan pembacaan juz 30, dari surat An Naba hingga An Nas.
Keesokanharinya kami bangun pukul 3:00 dan bergegas untuk melaksanakan shalat tahajjud. Ya Allah, walaupun suasana begitu dingin, kami merasakan begitu dekat denganMu, ya Allah.

Setelahnya dipimpin oleh Ibu Haji, kami berdzikir. Suara air, kicauan burung, dan langit shubuh yang masih gelap membuat kami lebih khusyu menyebut asmaNya. Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu akbar!!
Berikutnya kami kembali ke wahana rekreasi untuk berenang dan melihat air terjun bersama-sama. Ini merupakan kesempatan kami lagi untuk mengaggumi ciptaanNya. Kemarin kami melihat satwaMu yang berbagai macam, dan hari ini kami menikmati alamMu yang menakjubkan. Ya Allah, terima kasih atas kesempatan yang Engkau berikan. Kami makin menyadari nikmatMu yang begitu banyak di dalam bumiMu yang begitu indah. Kami pun diingatkan akan firmanMu dalam surat Al Baqarah, “Laa tufsidu fil ardhi jami’a”. Janganlah kalian rusak bumiKu bersama-sama!
Pengalaman ini membuat kami sadar bahwa kami sebagai penjaga firman Allah dalam Al Qur’an juga harus menjaga ciptaannya di bumi ini. Kami pasti bisa, insya Allah.
Rumah Tahfizh As Sakinah, Taman Safari - November 2010

No comments:

Post a Comment